Tak Satupun Warga Terjangkit Virus Corona. Indonesia Sakti ?

Negara kita sedang menjadi perhatian dunia sebab sampai saat ini tak ada satu pun warga yang terjangkit virus Corona. Untuk diketahui, per hari ini ini sudah terjadi  64.00 lebih kasus warga Cina yang terserang Virus Corona.  Sementara di negara-negara tetangga kita terdapat banyak laporan yaitu : Malaysia 19,  Singapore 58 dan Pilipina 3

Laporan selengkapnya bisa dipantau pada situs berikut ini :

Corona Virus Global Case

Beberapa waktu sebelumnya, para peneliti dari Universitas Harvard  telah melakukan penelitian dan menyatakan bahwa Virus Corona kemungkinan sudah masuk ke Indonesia, tetapi belum terdeteksi.

Demikian juga dengan Harian Sidney Morning Herald, sempat membuat heboh  sebab menyatakan  bahwa Indonesia belum punya alat tes khusus untuk mendeteksi keberadaan Virus Corona.

Salah seorang pejabat perwakilan World Health Organization (WHO) di Indonesia, Dr Navaratnasamy Paranietharan juga sempat mengatakan bahwa WHO prihatin terhadap Indonesia yang belum melaporkan satu pun kasus diantara penduduk yang hampir 270 juta jiwa. Tetapi dia telah diyakinkan oleh otoritas terkait bahwa pengujian laboratorium di Indonesua bekerja dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto buka suara.  Dia mengatakan bahwa Indonesia sudah memiliki standar protokoler kesehatan untuk mendeteksi penyakit akibat serangan Virus Corona.

Lebih lanjut Terawan menyatakan bahwa Indonesia kini sudah mempunyai alat yang sudah teruji keandalannya.

terjangkit virus corona
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China saat tiba di bandara internasional Hang Nadim, Batam.

Pemeriksaan Sudah Sesuai Protokoler

Menkes Terawan Agus Putranto menegaskan, bahwa hingga saat ini memang belum terjadi  kasus virus Corona di Indonesia. Jika ada pihak lain yang merasa heran, Terawan mengaku tak ambil pusing.

“Mereka boleh heran tapi itu kan kenyataan. Kalau kenyataan itu mau dianggap mengada-ada gimana,” kata Terawan

Terawan memastikan bahwa pemerintah sudah melaksanakan pemeriksaan sesuai protokoler kesehatan. Bahkan telah diperiksa 62 suspect virus Corona dari 16 provinsi. Hasilnya, Indonesia dinyatakan bebas dari wabah virus asal Kota Wuhan, China.

Sejumlah anggota tim medis sedang melakukan simulasi dengan membawa peralatan untuk melakukan pemeriksaan swab test kepada pasien yang tertular virus corona.

Kita Punya Alat yang Sudah Teruji

Dr. Terawan selanjutnya mengatakan bahwa kita telah memiliki alat pendeteksi virus Corona yang sudah teruji sejak Desember 2019. “Alat itu kan sudah dipesan sejak awal virus Corona menyebar”, kata Terawan.

“Karena kewaspadaan tinggi sekali. Itulah yang saya namakan kesiapsiagaan kita sudah dimulai warningnya begitu sudah ada muncul gejala akan wabah,” sambung Terawan.

Silakan Jika Harvard Mau Datang Langsung

Setelah mengetahui hasil penelitian dari para ahli dari Harvard University, dr. Terawan justru menilai hal itu terlalu mengada-ada.

“Ya menurut saya kecurigaan itu terlalu mengada-ada,” ucap Menkes Terawan.

Dia bahkan mempersilakan para ahli Harvard untuk meninjau langsung alat serta laboratorium pendeteksi Virus Corona di Indonesia.

Terawan juga menegaskan bahwa pemerintah RI tidak pernah menutup-nutupi data tentang penyebaran virus Corona asal Wuhan tersebut.

“Ya Harvard suruh ke sini-lah, saya buka pintunya untuk melihat. Jadi, kita tidak ada yang ditutupi,” ujar Terawan.

Demikianlah sekadar info tentang Indonesia yang tak terjangkit virus Corona

#juspare

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *