Ahli Virus Dr. Dong Yan Jin : Pasien COVID19 Berpeluang Sembuh Tinggi

pasien covid19 sembuh
Prof Dr. Dong Yan Jin

Akibat beredarnya kabar yang simpangsiur tentang wabah penyakit Virus Corona,  kini Covid-19 menjadi hal yang begitu menakutkan bagi banyak orang. Padahal yang terjadi sesungguhnya tidaklah demikian.

Kini, pertanyaannya adalah, kapan wabah virus corona ini akan berakhir?  Bagaimana cara virus corona agar bisa punah?

Seorang pakar virus Ahli dari China Dr. Dong Yan Jin, mengungkapkan dua kemungkinan bagaimana kasus virus corona akan berakhir di dunia. Dipastikan jika virus corona nantinya akan menghilang dengan sendirinya, seperti gejala flu biasa. “Gejalanya akan hilang sendiri, sama seperti flu atau salesma,” kata Dr Dong Yan Jin.

Hal tersebut juga berarti bisa saja orang yang sebenarnya terinfeksi virus Corona masih dapat beraktivitas seperti biasa.  Dari fenomena tersebut, para ahli memperkirakan akan ada dua kemungkinan terkait akhir wabah Covid-19 ini. lternatif pertama,  lama-lama akan tidak menular lagi, atau virusnya mati, sama seperti SARS san virus-virus sebelumnya. Alternatif lain adalah bahwa Covid-19 akan hidup bersama manusia, kadang hilang dan timbul sesuai musim, sama seperti influenza.

“Dalam situasi tersebut, orang harus belajar untuk hidup bersama virusnya dan terkadang akan menimbulkan gejala, tetapi lama-kelamaan virusnya akan kehilangan bahayanya. Seiring waktu, para ilmuwan juga bisa mengembangkan vaksinnya,” katanya.

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa fakta menyangkut virus corona:

1. Pasien Covid19 Peluang Sembuh Tinggi

Menilik data kasus virus corona terbaru, pihak pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak panik berlebihan.

Hal ini dikarenakan virus corona masih bisa disembuhkan dengan perawatan medis yang tepat.

Tercatat korban meninggal akibat terjangkit virus corona menjapai 3.117 jiwa.

Dari 90 ribu lebih kasus virus corona, 48 ribu diantaranya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

2. Panik Justru Meningkat Resiko Tertular

Sementara itu, pihak World Health Organization (WHO) meminta warga untuk tidak panik, namun tetap waspada.

Bukan tanpa alasan, pasalnya para ilmuwan dan otoritas kesehatan memastikan satu hal terkait kasus virus corona.

Walau pun virusnya berpeluang mematikan, namun mayoritas orang yang terinfeksi sejauh ini hanya mengalami gejala ringan dan bisa sembuh total.

Hal itu penting untuk dipahami untuk mencegah kepanikan global dan mendapatkan gambaran yang lengkap tentang kemungkinan penularan.

“Mayoritas orang sekarang panik, dan sebagian besar malah meningkatkan risiko,” kata Dr Dong Yan Jin

Sekilas Tentang Dr Dong-Yan Jin

  • Dr. Dong Yan Jin adalah seorang lulusan studi PhD yang bekerja Laboratorium Pusat untuk Virologi Molekuler di Beijing.
  • Pernah menerima pelatihan pascadoktoral dengan Dr. Kuan-Teh Jeang di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular pada 1994-1999.
  • Bergabung dengan University of Hong Kong pada tahun 1999 dan sekarang adalah Clara dan Lawrence Fok Profesor di bidang Presisi Kedokteran.
  • Penelitian Prof. Jin berfokus terutama pada dasar molekuler penyakit virus dan kanker. Dia menggunakan kombinasi pendekatan biokimia dan genetik untuk melakukan penelitian dasar dalam virologi molekuler dan onkologi dengan tujuan menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk pencegahan dan pengendalian penyakit manusia.
  • Salah satu bidang utama penelitian Prof. Jin saat ini adalah dalam mekanisme pengaturan tanggapan antivirus bawaan. Faktor regulasi seluler dan viral yang mengatur respons antivirus akan diidentifikasi dan dikarakterisasi. Khususnya, mesin seluler untuk merasakan asam nukleat virus, fitur asam nukleat virus yang dirasakan, dan enzim yang membelah pembawa pesan kedua akan dibedah. Pekerjaan mereka secara substansial akan memajukan pemahaman saat ini tentang regulator virus dan seluler dari tanggapan antivirus bawaan. Selain itu, temuan mereka juga akan mengungkapkan strategi baru untuk mengembangkan agen antivirus dan imunomodulator termasuk adjuvan vaksin.

Sumber informasi : https://scholars.croucher.org.hk/scholars/dong-yan-jin

Pendapat Ahli Virology : “Virus Corona (Covid19) itu Tidak Berbahaya.. !”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *