Apa Itu Sukma? Begini Cara Ningsih Tinampi Panggil Sukma Dukun Santet

Bagi anda para pecinta ibu Ningsih Tinampi, sudah tak asing lagi dengan istilah ‘Sukma’. Kata Sukma sangat sering disebut-sebut oleh bu Ningsih Tinampi, terutama ketika memanggil para dukun santet.

Apa yang dilakukan Ningsih Tinampi tersebut bukanlah memanggil makhluk halus atau khodam tapi yang dipanggil adalah sukma dari para dukun santet. Apa itu Sukma? Apa bedanya dengan ruh?

Ketika Roh meninggalkan jasad manusia..

Berikut ini ulasannya.

9 Unsur Ruh dalam Tubuh Manusia

Untuk diketahui bahwa manusia hidup itu memiliki  ruh yang bersemayam di dalam diri masing-masing. Pengetahuan tentang Ruh ini tidak sepenuhnya diketahui secara sempurna oleh manusia, sebab hanya Allah Tuhan Yang Maha Mengetahui.  Sebagaimana ayat yang dipetik dari Al Qur’an ,  Surah Al-Israa (17) ayat 85 terdapat penjelasan sbb :

“Dan mereka bertanya padamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, ‘ruh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit’.”

Namun demikian pengetahuan tentang ruh walau sedikit namun bisa dipelajari. Ruh manusia itu sesunguhnya memiliki 9 unsur yang mana masing-masing unsur memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu :

1.Ruh Al-Hayat atau Al-Idhofi

Unsur Ruh yang pertama ini menjadi segala sumber kehidupan atau biasa orang menyebut Nyawa. Roh ini akan mempengaruhi unsur roh-roh lainnya, dan akan tetap menetap di dalam tubuh manusia sampai ajal tiba.

Ada 2 jenis Ruh ini yaitu :

  • Ruh Al-Qudus:  Ruh suci yang ditiupkan oleh Tuhan kepada makhluk tertentu antara lain seperti  malaikat Jibril, Nabi Adam AS,  Nabi Isa AS  dan Nabi Muhammad SAW.
  • Ruh Al-Hayat : yaitu  Ruh yang ditiupkan kepada seluruh mahluk hidup di dunia termasuk hewan dan tumbuhan. Jadi jangan salah, sesungguhnya tanaman itu juga punya ruh.

2.Ruh Rabbani

Jenis Ruh ini sifatnya adalah  selalu mengingat kepada Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Jika ruh ini telah dikuasai oleh manusia, maka manusia tidak punya keinginan materi yang bersifat duniawi dan hanya tunduk dan patuh pada perintah Tuhan..

3.Ruh Nurani

Ruh yang membawa sifat tenteram dan damai pada diri manusia. Jika ruh ini pergi maka manusia akan memiliki hati yang gelap, sehingga suka sekali berbuat jahat, raja tega dan tak punya belas kasihan.

Ruh ini akan mempengaruhi nafsu Mutmainah yaitu selalu ingin  berbuat baik kepada apapun dan siapapun.

4.Ruh Rahmani

Ini adalah ruh cinta kasih di bawah kekuasaan ruh Al-Idhofi. Roh yang mempengaruhi manusia bersikap kasih sayang pada sesama. Jika ada orang yang sedang jatuh cinta (cinta buta) pada kekasihnya, maka sangat dipengaruhi oleh ruh ini

5.Ruh Al-Jasad

Ruh ini terdiri dari jasad manusia yaitu elemen dalam tubuh manusia mulai dari susunan sel, tulang yang diselimuti daging. Oleh sebab itu, sesungguhnya fisik manusia itu bisa diobati melalui ghaib artinya dengan memperbaiki ruh ini.

6. Al-Nabati An-Nafsiy

Ruh yang berisi gen atau DNA di dalam tubuh manusia.

7.Ruh Al-Aql

ruh ini dikenal dengan intelektual, merupakan kesadaran dan akal pikiran manusia. Ruh ini hanya ditempatkan pada manusia saja, tidak pada hewan maupun tumbuhan. Oleh sebab itulah maka manusia memiliki akal, tidak seperti hewan dan tumbuhan.

8.Ruh Rewani/Sukma

Adalah ruh yang menjaga raga manusia. Saat manusia hidup maka kesadaran akan tetap terjaga sepanjang ruh ini bersemayam  di dalam tubuhnya. Namun, jika ruh ini keluar, maka orang akan kehilangan kesadaran dan tampak seperti tertidur pulas dan akan kembali sadar ketika ruh ini kembali.

Jika anda tertidur dan mimpi bertemu arwah seseorang, maka bisa saja itu merupakan pertemuan ruh ini dengan ruh rewani seseorang. Di dalam dunia kebatinan Jawa, ruh inilah yang disebut Sukma.

9.Ruh Rohani / Ego

Ruh terakhir ini merupakan sarana untuk menyampaikan instink atau intuisi pada manusia memilih jalan positif atau negatif. Ruh ini mempengaruhi perbuatan manusia,  baik atau buruk, suka atau tidak suka pada diri manusia terhadap sesuatu.

Jika manusia ditinggalkan oleh roh rohani ini, maka manusia tak akan punya nafsu apa-apa lagi, karena semua nafsu manusia dikendalikan oleh roh rohani. Maka dari itu jika ada manusia yang mampu mengendalikan roh rohani ini dengan baik, maka dia akan hidup dalam kemuliaan.

sukma dukun santet
Ningsih Tinampi saat memanggil sukma dukun santet

Sukma Dukun Santet

Pada unsur ke delapan diatas telah sedikit dijelaskan tentang ruh rewani atau sukma. Ini yang biasa digunakan manusia yang memiliki kemampuan kemampuan raga sukma untuk berkomunikasi jarak jauh.

Terkait dengan teknik pengobatan supranatural yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi, sukma sang dukun santet selalu dipanggil melalui media yaitu tubuh pasiennya. Dengan demikian,  Ningsih dengan mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan dukun santet melalui tubuh pasien, karena Sukma dukun telah merasuk ke dalam tubuh pasien.

Sukma ini bisa diibaratkan piranti lunak (software) pada sistem komputer. Sedangkan  jasad manusia adalah hardware-nya. Jadi jika Sukma manusia diambil, sama saja komputer anda diambil software (OS) nya. Komputer yang diambil Operating Sistem (OS) nya, maka hardwarenya masih tetap menyala bukan? Tapi tak bisa digunakan sebab softwarenya tidak ada. Begitu juga keadaannya jika sukma manusia diambil atau ditarik, maka orang tersebut akan kehilangan kesadaran seperti sedang tertidur pulas.

Jika sukma dukun ditarik oleh Ningsih Tinampi, maka sebagai ‘hardware’nya adalah meminjam tubuh atau jasad dan pikiran milik pasien. Maka dari itu, jika pasien disakiti, maka sukmanya juga merasa sakit. Sebaliknya jika secara ghaib, Ningsih Tinampi menyiksa sukma dukun, maka pasienlah yang merasakan sakitnya hingga meronta-ronta.

Jika sukma dukun dirusak, misal di bagian kaki, tangan atau otak, maka nanti jika sukma dikembalikan ke badan si dukun, maka si dukun akan menjadi lumpuh kaki dan tangannya, bahkan bisa mengalami gangguan jiwa atau seperti orang gila. Oleh sebab itu, seringkali kita saksikan ketika bu Ningsih membuat si dukun jadi orang gila, karena sukma dukun sudah dirusak di bagian otaknya.

Sukma juga mudah keluar dari tubuh manusia, jika manusia dalam keadaan gundah, depresi atau sering melamun. Pada kondisi seperti ini membuat manusia tersebut akan mudah sekali dimasuki jin atau mahluk halus lainnya.

Dari sinilah kita dapat mengetahui rahasia fenomena kesurupan. Karena sukma (nafs) telah keluar dan tempat sukma dimasuki jin atau makhluk halus lainnya.

Demikianlah semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Salam

#juspare

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *