Tingkatkan Kekebalan Tubuh Untuk Menangkal Panyakit Virus Corona

menangkal penyakit
Manusia memiliki sistem kekebalan tubuh (imunitas) untuk melawan penyakit.

Cara Menangkal Penyakit Virus Corona

Ditengah wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona (Covid-19) yang sedang terjadi saat ini, yang paling penting dilakukan untuk menangkal penyakit adalah meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Sebagaimana diketahui, bahwa setiap manusia secara alami memiliki kekebalan (imunitas) sehingga dapat bertahan dari serangan penyakit. Apalagi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus seperti Corona Virus yang mana hingga saat ini belum ditemukan obatnya;  Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki kondisi kesehatan pada diri sendiri untuk menangkal penyakit.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini akan lebih mudah menyerang jika imunitas atau daya tahan tubuh sedang lemah. Agar tak mudah terserang penyakit Virus Corona, dapat dilakukan beberapa tips berikut ini :

1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, B6 dan E

  • Vitamin C

Agar kesehatan tetap terjaga selama terjadi wabah penyakit COVID-19, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C.

Vitamin C ini sangat penting karena dapat diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, maka penyakit Virus Corona tidak mudah menyerang Anda. Vitamin ini paling dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Tanpa vitamin C, maka tubuh anda akan mudah terserang penyakit.

Vitamin C terkandung di sebagian besar makanan dan minuman. Anda tak perlu repot-repot mencarinya dalam bentuk suplemen. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu,  stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 juga berperan penting dalam mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B6 antara lain daging  ayam, ikan salmon, dan ikan tuna. Mengenai vitamin ini juga banyak  ditemukan di dalam berbagai jenis sayuran hijau seperti buncis.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan infeksi.  Vitamin E umumnya terkandung pada berbagai jenis kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

3. Beristirahat dan tidur yang cukup

Pastikan pula bahwa anda beristirahat dalam waktu yang cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 7-8  jam setiap harinya. Sedangkan untuk anak-anak, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 10 jam atau lebih.

Jadi, pastikan bahwa kebutuhan tidur Anda telah tercukupi dengan baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anda.

4. Berolahraga secara rutin

Jangan malas untuk melakukan olahraga. Sesibuk apapun. luangkan waktu sebentar untuk berolahraga secara rutin, sebab hal ini termasuk salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

5. Menjaga kebersihan diri

Agar anda tidak mudah terserang penyakit akibat serangan Virus Corona, jaga lah kebersihan diri dengan baik. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan.

6. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Terlepas dari hal-hal diatas, memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah cermin ketaqwaan bagi umat beragama. Bagaimanapun juga, manusia hidup dan mati adalah atas kehendak Tuhan.

Dengan meningkatkan intensitas ibadah, dan selalu ingat dan berdo’a kepada Tuhan, maka akan menjadikan hidup kita lebih berkualitas.

Demikianlah semoga bermanfaat..

Doni Bastian

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *