Begini Cara Yang Benar Dalam Mencuci Tangan

mencuci tangan

Panduan Cara Mencuci Tangan

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan juga sangat disarankan dalam upaya untuk mencegah penularan penyakit virus corona.

Namun demikian, masih banyak yang tidak melakukan proses mencuci tangan dengan benar, mungkin karena minimnya pengetahuan di kalangan masyarakat. Jika mencuci tangan dilakukan dengan asal-asalan, maka hasilnya tidak efektif membersihkan sebab terdapat bagian-bagian tertentu yang tidak terbersihkan.

Oleh sebab itu, agar proses mencuci tangan dapat efektif untuk membersihkan kedua telapan tangan anda, ikuti beberapa tips yang disarankan oleh para dokter/WHO berikut ini :

mencuci tangan

0.Basahi Telapak Tangan

Sebelumnya basahi terlebih dahulu kedua telapak tangan anda dengan air. Lebih bagus jika menggunakan kran air yang mengalir yang ada di wastafel.

1.Gunakan sabun secukupnya

Ambil sabun secukupnya. Lebih bagus lagi jika menggunakan sabun yang mengandung zat antiseptik.

2.Gosok kedua telapak tangan

Pertama yang dilakukan adalah menggosok-gosok telapak tangan kanan dengan telapak kanan kiri secara memutar selama beberapa detik.

mencuci tangan

3.Gosok pungung tangan dengan telapak tangan

Langkah kedua dengan meletakkan telapak tangan kanan diatas punggung tangan kiri, kemudian gosok-gosokkan. Setelah itu lakukan bergantian yaitu letakkan telapak tangan kiri diatas punggung tangan kanan. Lakukan hal yang sama dengan cara menggosok-gosok selama beberapa detik.

4.Gosok telapak tangan kiri dan kanan

Berikutnya adalah lekatkan kedua telapak tangan (kanan dan kiri) dan gosok-gosok selama beberapa detik.

5.Gosok ujung jari

Cara ini diperlukan untuk memberihkan bagian ujung jari, yaitu dengan cara gosokkan ujung jari-jari tangan kanan diatas telapak tangan kiri, bersamaan dengan hal sebaliknya, sebagaimana tampak pada gambar.

mencuci tangan

6.Membersihkan ibu jari

Selanjutnya membersihkan bagian ibu jari dan bagian pangkal ibu jari. Caranya adalah genggan ibu jari tangan kiri dengan telapak tangan kanan, lalu gosok dengan gerakan memutar. Setelah itu lakukan sebaliknya.

7.Membersihkan pusat telapak tangan

Langkah ini yang terakhir untuk membersihkan bagian pusat telapak tangan, yaitu dengan menggaruk-garuk pusat telapak tangan kiri dengan lima ujung jari dari telapak kanan. Setelah itu lakukan sebaliknya.

8. Membasuh kedua telapak tangan

Setelah seluruh langkah di atas dilakukan, maka bersihkan sabun dengan mengguyurnya dengan air bersih. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan beberapa detik.  Lakukan ini dengan sebaik-baiknya dan pastikan bahwa seluruh busa sabun telah terbersihkan dari kedua telapak tangan anda.

9.Gunakan lap 

Setelah selesai mencuci tangan, gunakan lap kering dan bersih atau tisue untuk menghilangkan tetesan air yang menempel pada kedua telapak tangan.

10.Membersihkan wastafel

Jangan lupa untuk membersihkan tempat mencuci tangan (wastafel) agar tidak meninggalkan bekas noda dan kuman/penyakit.

11. Mengeringkan tangan

Langkah terakhir adalah untuk mempercepat keringnya telapak tangan yaitu dengan menggunakan alat pengering tangan atau hand blower/dryer.

Demikianlah sekilas tentang cara mencuci tangan dengan benar, semoga bermanfaat..

#donibastian

Sumber : WHO – Clean hands protect against infection

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *